Pj Gubernur Dan Rombongan Ziarahi Makam Syekh Ali Fansuri Ayah Dari Ulama Syekh Abdurrauf As-Singkily

Aceh Singkil | Senin, 29 April 2024 | Berita 

PPID ACEH SINGKIL | Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah, SE, MSi dan rombongan menyempatkan diri menziarahi makam ayah dari ulama kharismatik Syekh Abdurrauf As-Singkily yaitu Syekh Ali Fansuri. Sabtu 27 April 2024.

Letak makam dari Syekh Ali Fansuri berada di seberang sungai Desa Tanjung Mas Kecamatan Simpang Kanan.

Saat sampai di Desa Tanjung Mas, Pj Gubernur dan rombongan disambut tari dampeng oleh masyarakat sekitar dan dilanjutkan menaiki Gunung-gunungan yang disiapkan oleh pihak panitia.

Sesampainya di lokasi, rombongan terlihat khusuk mengikuti prosesi doa.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Drs. Azmi, M.AP mengatakan wilayah pemakaman akan dijadikan situs cagar budaya.

“In sha Allah, wilayah pemakaman ini akan kita jadikan cagar budaya. Kita akan membentuk tim tahun ini,” ucap Azmi.

Menurutnya, makam tersebut harus terus dijaga dan dilestarikan sehingga peradaban islam di Aceh Singkil tidak akan pernah lekang oleh waktu.

“Kita harus meneruskan jejak dari ulama besar kita, harus bisa menjadi spirit buat kita,” ujarnya.

Sementara itu, Pj Gubenur Bustami dalam pidatonya, mengucapkan terimakasih telah mengatarkan langsung ke makam ulama besar Aceh.

“Tentunya, kami ucapkan terimakasih telah diantarkan ke makam ayah dari ulama besar kita, sehingga kami tahu bahwa makamnya ada di sini,” kata Bustami.

Bustami mengajak, berziarah harus sering dilakukan, disamping akan mendatangkan keberkahan bagi para peziarah juga menyadarkan mereka akan kealiman dan kesolehan orang yang berada di dalam kubur,” tuturnya.

Dilokasi, turut hadir, Ketua DPR Aceh Zulkifli, Ketua TP-PKK Aceh, beberapa kepala OPD Provinsi serta tamu undangan lainya.

Tags www.acehsingkilkab.go.id