Atraksi Debus Dari Abdya Meriahkan Hari Jadi Ke 25 Aceh Singkil

Aceh Singkil | Senin, 29 April 2024 | Berita 

PPID ACEH SINGKIL | Peringatan Hari Jadi Ke 25 Kabupaten Aceh Singkil semarak dengan adanya berbagai kegiatan, salah satunya Pentas Seni dan Bazaar.

Untuk memeriahkan pentas seni tersebut, Pemkab Aceh Singkil mengundang beberapa kesenian dari Kabupaten-Kabupaten tetangga seperti dari Aceh Barat Daya (Abdya).

Tidak tanggung-tanggung panitia HUT mengundang sanggar bujang juara dari Abdya. Di mana sanggar ini juara satu Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) pada Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) akhir tahun 2023 lalu di Banda Aceh.

Sanggar Bujang Juara yang dipimpin Syeh Yoeng, selain menampilkan Rapa’i Geleng juga menggelar atraksi debus. Sorak sorai penonton semakin riuh saat menyaksikan di malam kedua acara.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Drs. Azmi, M.AP mengatakan bahwa Rapa’i dan Debus adalah peninggalan nenek moyang.

“Seni yang tampil malam ini, adalah peninggalan nenek moyang kita, dan terjaga dengan baik hingga saat ini,” ucap Pj Bupati. Minggu 28 April 2024.

Ia juga mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kabupaten Abdya khususnya sanggar bujang juara yang telah ikut memeriahkan Hari Jadi Ke 25 Kabupaten Aceh Singkil.

“Tentunya kita mengapresiasi sekali Pemerintah Kabupaten Abdya, terkhusus sanggar bujang juara yang telah ikut berpartisipasi menghibur masyarakat Aceh Singkil,” ujarnya.

Semoga kedepan, Kabupaten Aceh Singkil semakin jaya, maju dan sejahtera,” imbuhnya.

Tags www.acehsingkilkab.go.id