Pj Bupati Panen Perdana Semangka Di Kecamatan Gunung Meriah

Aceh Singkil | Kamis, 13 Juni 2024 | Berita 

PPID ACEH SINGKIL | Pj Bupati Drs. Azmi, M. AP dan Pj Ketua TP-PKK Ny. Emma Malini Azmi terlihat bersemangat menyantap buah semangka yang baru saja di panen oleh petani di desa Tanah Bara Kecamatan Gunung Meriah.

Warna merah dari semangka tersebut begitu menggoda, saat petani di lokasi kebun itu membelahnya.

Kedatangan orang nomor satu di aceh singkil bersama istri dan didampingi kepala dinas terkait tersebut, dalam rangka meninjau sekaligus panen perdana.

“Hari ini kita mengelar panen semangka di salah satu kelompok tani di kecamatan gunung meriah. Disini kita memanen dan juga mencicipi buah dari sikulit bundar tersebut ternyata rasanya manis sekali,” ucap Pj Bupati. Kamis 13 Juni 2024.

“Dari penuturan para petani ini, bahwa kendala mereka yakni di segi pemasaran. Di mana harus bersaing dengan para pedagang dari luar daerah. Untuk itu kita akan siasati dan diatur sedemikian rupa oleh dinas terkait dan itu sudah saya perintahkan,” ujarnya.

Selain itu, menurut Azmi, pihaknya juga akan bekerjasama dengan kabupaten tetangga dalam hal pemasaran.

“Kita coba nanti menjalin kerjasama dengan Kepulauan Nias dan Simelue dalam hal pemasaran, sehingga para petani kita dapat dengan mudah menjualnya,” kata Pj Bupati.

“Dari segi biaya operasional pemasaran tentu nantinya kita coba bantu disubsidi dari pemerintah,” tuturnya.

“Untuk pemasaran nantinya, antara petani dan UMKM juga bisa berkolaborasi,” kata Ny Emma menambahkan.

Sebelumnya, salah seorang petani semangka sempat curhat kepada Pj Bupati di mana dalam hal pemasaran mereka merasa kewalahan, terlebih dengan bebasnya pedagang dari luar daerah berjualan di aceh singkil.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pj Bupati, Pj Ketua TP-PKK, Plt Kadis TPHP, Plt Kabag Porkofim serta undangan lainya.

Tags www.acehsingkilkab.go.id