Berita

Pawai Obor Dan Teatrikal Turut Memeriahkan HUT RI ke-73 Di Kabupaten Aceh Singkil

August 18, 2018


DISKOMINFO, SINGKIL- Mengisi Hari Kemerdekaan RI ke-73 tahun, para Pemuda Aceh Singkil menggelar pawai obor dan teatrikal di Tugu Desa Pasar Singkil Kabupaten Aceh Singkil, Jumat (17/8/2018) malam.

Para Mahasiswa dan warga aceh singkil ini menggelar pawai obor dan teatrikal puisi, Rute jalan pawai obor dari lapangan daulat - sampai suro Desa Ujung langsung putar balik, lalu berhenti di Tugu Desa Pasar Singkil melakukan teatrikal puisi dengan alunan musik lagu perjuangan “Gugur Bunga”.

Mengingat Tugu Desa Pasar Singkil ini dinilai sangat bersejarah, karena menjadi tempat atau saksi para pendahulu mengibarkan Bendera Merah Putih dan pembacaan Teks Proklamasi pertama di Aceh Singkil 29 September 1945.

Acara tersebut juga Turut hadir Camat Singkil dan para muspika, TNI, Polisi, serta perangkat desa, termasuk masyarakat dan Siswa/i SMP dan SMA Singkil.

Salah satu Anggota, Gerakan Pemuda Aceh Singkil (GPAS), Dudi Iskandar turut mengajak Rakyat aceh singkil mengenang kembali susah payah dan jerih payah untuk menikmati kemerdekaan RI. Mereka juga mengajak masyarakat untuk menyaksikan film dokumenter perjuangan, agar Sejara perjuangan Republik  Indonesia tidak Terlupakan.

Dudi Iskandar juga mengatakan, aksi yang digagas bersama para pemuda Aceh Singkil itu dilakukan untuk mengingat kembali jasa para pejuang yang lalu, kusus nya perjuangan di Aceh Singkil. “Ini sebagai aksi melawan lupa. Sudah saatnya kita menghargai jasa-jasa para pahlawan, dengan tetap penuh semangat mengisi hari kemerdekaan ini,” katanya.

Lanjutnya, acara ini juga untuk memberi wawasan kepada Siswa/i SMP dan SMA, dan juga Warga Singkil agar tetap terus semangat mengisi kemerdekaan dan memeriahkan hari kemerdekaan 17 Agustus 1945.” ujar Dudi Iskandar.

Berita Lain